google-site-verification=n6ca5iMP63sLFOsWnBlwpiLVpvVcCEHaHMKGzdC8ZcY INFO UNIK | PENGETAHUAN UNIK | PARIWISATA Cazu Marzu : Keju Belatung dari Pulau Sardinia

Cazu Marzu : Keju Belatung dari Pulau Sardinia

INFO UNIK - Ada ratusan bahkan ribuan jenis keju yang ada di dunia ini. Namun mungkin sebagian dari kita hanya mengenal beberapa diantaranya, yang memang cukup familiar. Mungkin tidak dengan jenis keju yang satu ini. Keju ini memiliki keunikannya sendiri, meski sebenarnya menjijikan bagi sebagian orang.



Casu marzu biasa disebut juga casu modde, casu cundhĂ­du atau formaggio marcio adalah keju tradisional berbahan susu domba yang dibuat oleh penduduk Pulau Sardinia, sebuah pulau di Italia. Dalam bahasa Sardinia, casu marzu sendiri memiliki arti "keju busuk" dan keju ini juga dikenal sebagai keju belatung. 

Casu marzu dibuat dari keju jenis Pecorino, salah satu keju Italia yang terbuat dari susu domba. Dalam pembuatanya keju ini dijemur di bawah sinar matahari, kemudian lalat-lalat jenis Piophila casei akan datang dan bertelur di keju tersebut. Telur lalat itu kemudian akan menetas dan mengeluarkan belatung yang mencerna keju Pecorino tersebut. Tugas belatung-belatung tersebut adalah memproduksi enzim yang membantu proses fermentasi dan menyebabkan lemak dalam keju itu menjadi busuk. Terkadang, kulit keju Pecorino dipotong dan belatung-belatung yang sudah menetas dimasukkan ke dalam keju. Hal ini akan mempercepat proses pembuatan casu marzu.




Tak hanya disajikan saja, namun keju ini juga dimakan bersama belatungnya dalam kondisi belatung itu masih hidup. Bahkan jika belatung-belatung pada keju ini banyak yang mati menandakan jika keju tidak dalam kondisi yang baik. Matinya belatung pada keju ini mendandakan jika keju ini telah beracun. Pada saat mengkonsumsi keju casu marzu, sebaiknya menggunakan pelindung mata. Karena belatung yang ada pada keju ini bisa melompat sejauh 6 inc dan bisa mengenai bola mata.

Penduduk Pulau Sardinia biasanya menghidangkan keju ini dengan roti khas Sardinia yang disebut pane carasau, sejenis roti lembek dan anggur merah yang tajam yaitu Cannonau. Keju ini memiliki tekstur yang lembek karena mengandung cairan yang disebut lagrima dan tentunya berbau sangat menyengat.




Lembaga kesehatan Uni Eropa sepakat jika keju ini dianggap berbahaya dan tidak menyehatkan sehingga dinyatakan ilegal karena tidak memenuhi standar. Bahkan keju Casu marzu dilarang oleh hukum kesehatan Italia dan tidak diperbolehkan dijual di toko-toko. Keju ini hanya dapat ditemukan di pasar gelap dan diproduksi oleh gembala-gembala di pulau Sardinia dalam jumlah sedikit.


Ketika memakan keju casu marzu, ada kemungkinan belatung-belatung tersebut masih hidup. Saat memasuki perut manusia, terkadang asam lambung tidak cukup untuk membunuh larva tersebut. Dengan begitu larva itu dapat tinggal di dalam usus  dan mengakibatkan luka yang serius pada dinding usus. Ini bisa menyebabkan sakit perut, mual, muntah-muntah, dan diare pada orang yang mengkonsumsinya.
Walaupun dinyatakan berbahaya bagi kesehatan, namun penduduk di Pulau Sardinia telah mengonsumsi casu marzu selama ratusan tahun tanpa pernah merasakan keluhan. Bahkan karena diyakini memiliki fungsi aphrodisiac atau perangsang nafsu sex, maka keju ini sering dihidangkan pada acara khusus seperti pesta ulang tahun, pesta bujang, atau pesta pernikahan.





Posting Komentar

1 Komentar

  1. Thanks info nya gan..tp saya suka keju cheddar aja bos..


    Oya baca juga nihhh..
    Cerita Hot
    Cerita Panas
    Cerita Malam Jum'at
    Cerita Mesum

    Download juga nih game domino paling seru..
    SUHU DOMINO
    GAME SERU
    GAME TERBARU
    DOMINO GAPLE
    APLIKASI DOMINO
    DOMINO

    #suhudomino #6100game

    BalasHapus